Thursday, February 8, 2007

Terpujilah wahai engkau....

Seminggu yang lalu kebetulan gue ketemu dengan kepala sekolah TK Al Azhar. Ada audiensi tepatnya, karena anak gue yang kecil insya Allah tahun ini akan bersekolah disana. Isi wawancara tak ada yang spesial, tapi keluar dari ruangan kepala sekolah, kok gue tiba-tiba kepikiran jaman sekolah dulu....Kepikiran sama guru-guru Lab School....

Gue ngga bisa menahan diri senyum-senyum sendiri...mengingat apa yang sering dilakukan terhadap guru-guru kita. Gue pikir-pikir, kalo dihitung dosanya, mungkin udah segunung kali, dosa kita (termasuk gue sendiri!) terhadap guru-guru kita dulu. Udah sering ngelawan, ngebantah, belom lagi ngerjain guru. Kayaknya dari SD sampe SMA, ngga pernah ada waktu dimana kita ngga' ngerjain mereka, padahal kalo bener-bener dipikir, ngga ada mereka, kita jadi apa?

Tapi dari semua hal yang kita dapat di Lab School, menurut gue hal yang sangat membekas justru bukan materi pelajarannya, tapi hal-hal disekeliling mata pelajaran tersebut...
Sebagai contoh, yang gue pelajari dari Pak Arief bukanlah bahasa Inggrisnya, tapi pemikiran bahwa kita harus selalu berpikiran global, maju, modern dan percaya diri. Dari seorang Pak Prodjo tentu bukan cara bermain basket atau senam pagi yang gue ingat melainkan bagaimana kita ditanamkan spirit berkompetisi, fairness dan sportifitas.

Salah satu guru yang terus gue ingat adalah Pak Syam, seorang guru sangat senior, yang sangat kita respek, bukan cuma karena ilmunya, tapi karena semangat dan konsistensi beliau terhadap kegiatan belajar mengajar. Beberapa teman 88 yang kemarin ikutan reuni Palabs sempat cerita kalau Pak Syam diumur 81 sekarang ini masih gagah, tegap, dan yang paling membanggakan, beliau masih mengajar!

Gue ingat banget, kita ketemu Pak Syam dari SD, sampe SMA!. Jaman itu, SD mana selain Lab School yang punya pelajaran aeromodelling!!!! bikin pesawat...wuuiiih...canggih banget! dan itu salah satu hal yang membuat gue bangga banget sekolah di Lab School! Padahal, seumur-umur ikutan pelajaran aeromodelling, gue cuma pernah bisa nyelesain dua pesawat, pesawat chuck glider (paling gampang, ngga pake mesin)..., sama satu pesawat lagi yang tingkatannya di atas itu (lupa namanya)...habis itu ga pernah selesai lagi!

Pak Syam juga selalu aktif di Pramuka. Banyak banget ilmu-ilmu yang beliau ajarkan yang menurut gue sangat kepake, seperti social responsibility, friendship, kemandirian dan banyak lagi. Waktu SMA, kita ketemu lagi sama beliau, tidak cuma mengajar aeromodelling kali ini, tapi belajar prakarya. Membuat sablon kaos salah satu yang gue inget karena sehabis itu gue pake kaos hasil nyablon sendiri itu kemana-mana. Kaosnya gambar logo group musik Iron Maiden! Hahaha....


Diatas ini gue pasang foto Pak Syam, masih terlihat segar dan gagah di usia 81 tahun, Diapit oleh teman-teman kita Heru, Dessy, Dewi dan Thaya saat reuni besar Palabs beberapa waktu yang lalu. Mudah-mudahan semua guru-guru kita yang dulu telah pontang -panting dan rela mengajar kita murid-murid yang keterlaluan ini, selalu diberi kesehatan, umur yang panjang serta kesejahteraan. Paling tidak, jika kita belum bisa memberikan sesuatu dalam bentuk materi yang bisa kita persembahkan kepada mereka, barangkali memberi doa harapan bukanlah sesuatu hal yang susah, mahal dan makan waktu.

1 comment:

AR517EK88' said...

ngomong-ngomong, pak Syam itu masih bisa ngajarin "aeromodelling" gak ya ?, soalnya gw pengen anak gw bisa juga bikin pesawat, kan asik tuh "like father-like son ". kalo bisa tolong dong alamat beliau, siapa tau doski masih punya blueprint yang dulu2, tengkyu