Wednesday, September 12, 2007

Puasa, Kiki Gemblong dan Es Kelapa!

Kalo ingat bulan puasa, gue selalu ingat cerita klasik ini...
Suatu hari dulu, selepas jam pulang sekolah, ketika panas terik matahari diatas langit rawamangun, kita bersiap-siap untuk pulang (atau main tepatnya...) Seperti biasa, tempat favorit menunggu bus sekaligus nongrong ngga' jelas juntrungannya, dimana lagi kalo bukan di depan sekolah, tempat Mie Ayam Iwan dan Es Kelapa Jack yang kondang itu.

Gue termasuk orang yang ada disitu. Siapa-siapa lagi lengkapnya, gue lupa. Tapi yang jelas salah satunya adalah teman kita Kiki Gemblong alias Rizkijanto si calon anak menteri....
Entah bujukan dan bisikan apa yang dia dengar, tiba-tiba saja tercetus dari mulutnya...."Ah..., gue pengen buka puasa nih..." Mungkin juga karena tak tahan melihat es kelapa Jack yang terhidang dengan es batu yang dingin....! Hahahaha....bulan puasa memang sering berjalan lurus dengan es kelapa!

Akhirnya dengan kemantapan yang luar biasa, Kiki pun memesan segelas Es Kelapa Jack (harganya cepek, masih inget gue!) Sialan juga nih si tambun, bikin ngiler aja...Panas-panas, puasa pula, eh...dia malah punya segelas es pelepas dahaga ditangan. Karena rasa haus yang sudah diubun-ubun, Kiki pun mengambil tempat duduk di bangku kayu panjang dan langsung...glek...glek...glek...air kelapa pun diminumnya.

Ketika gelas masih dibibir dan mata merem melek, tiba-tiba dari arah Jalan Pemuda muncul sebuah mobil sedan yang melintas tepat di depan es kelapa Jack. kaca belakang kirinya pun terbuka....dan terdengar..."Kiki..., ayo pulang!".....Ternyata yang menyuruh pulang tak lain adalah nyokapnya Kiki sendiri....hahahaha! Sudah buka puasa tanpa baca Allahumma Laka Shumtu...dst, eh malah ketauan nyokap siang-siang minum es kelapa....

Kontan kita semua yang ada diwarung Jack saat itu tak bisa menahan ketawa terpingkal-pingkal setelah si Gemblong kemudian jalan pelan-pelan beringsut masuk ke mobil nyokapnya...pasti dimarahin abeeess di dalam mobil. Kebayang kan, dari rawamangun sampe kali malang....hehehe! Ini salah satu cerita puasa yang paling gue inget dari sekian banyak cerita-cerita jaman dulu ketika bulan ramadhan tiba. Mungkin saat ini gue juga yakin kalau si Gemblong masih ingat dengan kelakuannya dulu, walaupun sekarang sudah berbeda jauh. Kiki sudah bergelar Haji Rizkiyanto sekarang......

Besok sudah ramadhan lagi teman-teman.....mohon maaf lahir batin sebelumnya menyambut bulan puasa ini. Gue mau mengucapkan selamat beribadah ramadhan, semoga kita selalu diberi kekuatan dan kesabaran dalam bulan mulia ini.

Selamat berpuasa!



No comments: