Tuesday, March 6, 2007

Masih kompak sampai sekarang!

Gara-gara kemarin posting gambar Pemasangan Foto YPK, gue jadi ingat sama slogan angkatan kita, Yang Penting Kompak, yang sering juga kita jadikan nick name untuk menyebut nama angkatan kita di Lab School.

Gue ngga inget bulan apa dan tanggalnya. Yang gue inget tahun 1985. Kita masih kelas 9.
Didasari karena memang sudah kompak betulan dan keinginan narsis yang tiada tara, saat itu berniat membuat uniform berbentuk kaos, yang bakal dipakai oleh seluruh manusia angkatan kita tanpa terkecuali. Masalah pertama muncul, desain kaosnya seperti apa? Kalo ada tulisan, mau nulis apa....?

Sibuklah kita berembuk......
Lagi-lagi gue ngga inget detailnya, siapa-siapa aja yang ikutan. Tapi hasil rembukan itu membuahkan sebuah pemikiran dahsyat (kakaknya Rasyad)......

Kaos angkatan harus berbentuk statement!

Sebuah pernyataan sikap...cieeee...istilahnya..., untuk menerangkan kepada semua orang di Lab School kalau angkatan kita adalah angkatan yang sangat kuat dan kompak!

Kompak?
Angkatan kita memang sudah memiliki bibit kekompakan luar biasa, bahkan hanya sejak beberapa jam setelah kita dikumpulkan di hari pertama masuk SMA. Kekompakan itu kemudian semakin lama semakin menguat ketika kita satu angkatan dijemur sama Pak Arief sampai jam 2 siang! Gara-gara Ayub (kalo ngga' salah, kalo salah ya maaf....) kentut di saat sembahyang dzuhur berjamaah, saat kita masih penataran P4. Siapa yang ngga' ketawa mendengar bunyi ajaib dan mencium aroma seperti itu di siang hari, saat shalat pula?
Jadilah kita dijemur di siang yang terik itu....dan mendengar Pak Arief memberi wejangan dan memimpin kita berdoa bersama dengan caranya yang khas!

Jadi kompak adalah keyword angkatan kita! Jangankan waktu sekolah, sampai di reuni 1988 kemarin pun masih sangat terasa kalau kita ini masih sangat kompak. Balik lagi ke cerita awal, maka entah siapa yang memulai, tersebutlah "udah...., kaos angkatan kita tulisannya Yang Penting Kompak aja!"

Seru juga kedengarannya. Unik, ngga' biasa, dan bisa sangat berbeda dibanding angkatan-angkatan lain yang biasanya cuma menulis nama angkatan plus tulisan Labs segede-gede gaban di kaos mereka. Setelah sepakat, masalah kedua adalah siapa yang mendesain kaosnya. Lalu kemudian disepakati kalo gue yang diminta merancang tulisan Yang Penting Kompak. pake tulisan tangan...hehehe...jaman itu belum ada Photoshop or Macromedia Freehand atau software-software design lainnya. Serba manual! Paling canggih pake rugos....hehehe
Setelah semua setuju dengan desain yang gue buat. Kemudian dibentuklah panitia kecil, yang merupakan perwakilan tiap kelas untuk mengumpulkan uang dari tiap anak. Prosesnya sangat cepat. Begitu desain siap dan uang terkumpul, berangkatlah kita ke Ratu Plaza, semua masih ingatlah, saat itu Ratu Plaza adalah the best, the most luxurious shopping centre di Jakarta (sekarang cuma jualan dvd sama gadget...heehe) Saat itu dari sekolah ke Ratu Plaza kita naik bis 38, Rawamangun-Blok M, bayarnya gocap!....

Kenapa kita perginya ke Ratu Plaza karena disana ada toko kaos merek Country Fiesta, yang selain menjual kaos-kaosnya yang khas untuk abg jaman itu, juga menyediakan fasilitas cetak kaos yang selesai 24 jam dan....bagus! Gile juga....sekarang aja gue rasa ngga ada tuh cetak kaos sehari jadi. klo pun ada pasti muaaaaaaahaaalnya minta ampun. Sampai di Country Fiesta, langsung desain kita cetak. Yang gue masih inget banget. Hari itu hari Rabu siang! Jadi besoknya hari Kamis sore, kaosnya bakalan jadi, tapi sore bangeeeeeet....padahal hari Jumat paginya kita sudah bercita-cita kalo semua anak angkatan kita akan show off pakai kaos itu pas lari pagi keliling sekolah!


Eri ternyata masih punya kaos YPK!
Bari depan ki-ka: Anto, Imelda Halim, Nana Fitiana
Tengah: Baby, Yunetin, Eri, Desy, Thaya, Chrisna, Susy
Belakang: Salsa, Lely Ismi, Ipul dan Gue


Alhamdulillah, hari kamis sore kaos berjumlah pas dengan jumlah anak-anak angkatan kita pun selesai. Tapi sudah keburu sore. Jadi kita ngga sempat lagi mendistribusikannya ke seluruh teman-teman. Akhirnya disepakati, semua kaos akan dibagikan perkelas, diberikan nama masing-masing di plastik pembungkusnya, dan siap dibagikan ke semua anak esok harinya.

Jumat pagi-pagi sekali, gank panitia kaos sudah siap di sekolah. Bahkan sebelum jam setengah tujuh sudah datang. Begitu teman-teman mulai berdatangan, langsung dibagikan satu persatu...
Pas jam tujuh, saat kita harus kumpul di depan lobby sekolah untuk siap-siap lari pagi, semua anak sudah memakai kaos berwarna biru muda dengan tulisan tangan Yang Penting Kompak! Seluruh mata melihat angkatan kita. Saat itu juga gue merasa kalau kita benar-benar menyatu, walaupun cuma terbungkus oleh sebuah kaos sederhana, tapi tulisan Yang Penting Kompak di dada kita ternyata bukan cuma slogan kosong yang tak ada artinya. Sampai sekarang pun apa yang tertulis itu masih kita rasakan bersama. Mudah-mudahan kita tetap akan kompak selama-lamanya.

Selamat pagi temans, selamat bekerja dan beraktifitas.
Yang Penting Kompak!!!

No comments: