Wednesday, March 14, 2007

Main musik emang asyik

Kemarin siang disela-sela kerja, gue sempet chatting sama Arief Fadillah. Ngobrol ngaco aja, ngalor-ngidul. Yang jelas selama kita ngobrol gue merhatiin song title yang jadi status Yahoo Messenger kita. Lagu-lagu yang diputar ngga' jauh-jauh dari lagu 80an. Mulai dari Zeppelin, Stones, Genesis, Queen sampe Scorpions. Gue jadi terpikir kenapa kita masih muter dan denger lagu-lagu itu....? Apa emang kita ngga' berkembang, atau karena lagu-lagu itu masih saja enak didengar? atau bisa jadi lagu-lagu tersebut yang menemani kita tumbuh besar, yang menghiasi jaman ABG kita, sehingga lebih banyak romantisme historisme yang kita nikmati dibanding dengan musikalitas lagu itu sendiri. Ga' tau lah....


Tamtam Collins dan Dibyo (nafsu menggebuk drum!)

Gue sendiri termasuk orang yang suka berburu lagu-lagu jaman dulu, terutama 80an. Cuma sekarang, dengan alasan keprakstisan, pengkoleksian musik itu hanyalah dalam bentuk Mp3 atau digital format saja. Pengen juga punya kaset-kaset orisinilnya, tapi karena......-klise banget- kesibukan, jadi mengoleksi dalam format digital nampaknya lebih praktis. Waktu reuni kemarin kalau ada yang masih ingat, lagu-lagu jadul itu gue selipkan disana-sini, termasuk jadi pertanyaan buat quiz dan door prize. Kalau lihat dan search musik 80an di multiply.com juga akan banyak keluar sites dari orang-orang yang more less sejaman dengan kita yang masih rajin mengkoleksi musik 80an. Kalau untuk musik Indonesia, ada dua blog yang wajib dikunjungi bagi mereka yang gemar lagu Indo jadul. Dua blog itu adalah www.lagughia.blogspot.com dan www.musiklawas.blogspot.com. Dua orang ini lumayan rajin mengkoleksi musik Indonesia 80an dan menyusunnya dengan rapih di internet.


Rudi Leiwakabessy drummer Metal Crash, bandnya kelas D!

Balik lagi ke angkatan kita, ngomongin soal musik memang Lab School adalah salah satu sekolah yang concern tentang musik, walaupun overall prestasinya biasa-biasa aja. Tapi jaman itu sekolah mana yang ada ruang musiknya hayooo? Jadi Lab School cukup canggih waktu itu. Jaman SD gue inget kita mulai dikenalkan bermain musik oleh Pak Djafar. Salah satu pelajaran awal bermusik yang gue masih inget karena memang menyenangkan adalah ketika satu kelas dibagi perkelompok dan diajarkan bernyanyi canon (bernyanyi dengan teknik saling menyambung bersahutan), dengan lagu "Dayung, dayunglah dengan gembira.....sampai-sampai tercapai tujuan kita...." Lagu ini saduran dari lagu "Row row row your boat gently down the stream....."

Lebih gede dikit, kita kemudian dikenalkan dengan reportoir klasik, walaupun yang sederhana pisan. Bermain ansambel musik. Dengan pianika, recorder, bellyra. Bermain musik lah kita. Lagu standar saat itu adalah Minuette. Hahaha...pasti kalau dengar melodinya teman-teman masih ingat lah....yakin....(Lagu ini masih sering kedengaran jadi nada tunggu telepon kantor atau bel rumah) Meningkat SMP ke SMA, mulai lebih susah lagi kegiatan ansambel musiknya.
Yang mengajar kita juga sudah lebih banyak, ada duet maut Ibu Armillah dan Pak Atan Hamdju, dan yang gue ngga bakal lupa adalah diajar oleh guru musik jaman SMP yang namanya....Pak Hamzah! Orangnya guuaaalllaakkkkknya minta ampun...hehehe...dan kalo mengajar musik tak pernah lupa sambil merokok gudang garam merah! Pikir-pikir gila juga ya jaman itu, guru bisa-bisanya mengajar sambil merokok....apa karena ada toleransi, maklum, yang diajarkan adalah kesenian, bukan biologi dan kimia seperti favoritnya si Handry itu.....

Mulai SMP, apalagi SMA, main musik sih kayaknya udah bukan cuma jadi kegiatan berkesenian, tapi juga kebutuhan...hahaha... Dan seinget gue, angkatan kita termasuk salah satu angkatan yang memproduksi paling banyak band!.....walaupun kadang-kadang anggotanya itu-itu aja...hehehe....Gue waktu itu malah sempet bikin silsilah dan mata rantainya band-band yang ada di angkatan kita. Nanti diposting selanjutnya seru juga kaleee dibahas lebih detail tentang sepak terjang angkatan kita bermusik. Ya main band, ya vokal group.....pokoknya musik deh!

3 comments:

Anonymous said...

Makasih untuk blog musik Indonesia thn 80annya.. gw mesti ketawa, soalnya kaset gw masih yang itu2 juga: Ruth Sahanaya, Sheila Majid, K3S, Karimata, Nicky Astria, Vina Panduwinata, January Christy...dst. Terus jangan lupa kaset gw yang pertama: Ucik Bing Selamet.

Gw udah 10 tahun nyari lagu Bukit Berbunga, tiap kali pulang kampung, dan di Internet. Tapi ternyata yang nyimpen satu orang: Akew. Makasih Kew!

Inno

nb. Kalo aday yang punya "Surat Bersampul Biru" mungkin bisa tolong kirim... he he

Lab School 88 said...

Hahahaha...

Koleksi musik indo jadul gw banyak 'no...
nanti pelan-pelan gue tarok di multiply deh, biar yang mau bisa download...Ada lagu Catatan Si Boy, Kembar Group, Soundtrack Film ACI-Aku Cinta Indonesia-, banyaaaakk...
Tapi Surat Bersampul Biru itu lagu syapa yah???

Akew

Anonymous said...

Surat Bersampul Biru lagu Uci Bing Selamet juga... loe pura2 lupa yah... gw yakin loe masih fans :)

Inno