Saturday, December 30, 2006

Semangat berkurban, semangat kekompakan

Setiap Idul Adha, gue suka teringat masa SMA dulu. Tiga tahun berturut-turut, mulai dari kelas 9, 10 terus kelas 12, angkatan 88 selalu menyumbangkan seekor Sapi hasil patungan satu angkatan. Bukan perkara mudah juga mengumpulkan uang untuk membeli sapi yang saat itu gue ingat harganya masih Rp.1 juta. Jumlah segitu pada masa itu bukan kecil....tapi alhamdulillah rezeki terkumpul juga. Pelan-pelan uang bisa terkumpul dari keikhlasan kita semua.


Pak Hasanudin -Guru Agama Islam- Ayub dan Yudo (Tumben kelihatan di foto)

Saat itu angkatan kita memang selalu berusaha untuk terus kompak di kegiatan apapun. Mau itu kegiatan olahraga, kesenian sampai yang religius seperti ini. Ternyata semangat kekompakan itu kita bisa rasakan sampai akhir masa sekolah kita, bahkan spiritnya pun masih terasa sampai sekarang, walaupun kita semua sudah terpisah jauh karena kesibukan kita masing-masing.


Waktu ditanya apa permintaan terakhirnya sebelum dieksekusi, Sapi menjawab, minta dielus-elus tanduknya. Ya sudah, kita kabulkan...Kebetulan Apit dan Ayub mau menjadi sukarelawannya

Tokoh penting setiap potong kurban pada saat itu adalah rekan kita M.Raldy atau Dady. Dialah yang dipercaya oleh kita semua selama tiga tahun itu untuk menjadi algojo yang bertindak menyembelih sapi kurban kita. Aksinya.....bolehlah, dingin, pe-de dan sangat meyakinkan....


Dady beraksi, dibantu beberapa rekan angkatan 87 (Mahroni, Donny) dan 86 (Agus). Foto sengaja gue sensor, siapa tahu ada yang ngga ku-ku ngeliat darah...(maklum tambah tuwir...)

Diatas gue tampilkan beberapa foto dari angkatan kita pada saat pelaksanaan potong hewan kurban saat Idul Adha. Foto-foto ini diambil sekitar bulan Agustus 1986, saat itu kita masih kelas 9.

88rs, selamat Idul Adha, selamat berkurban!

No comments: