Friday, April 20, 2007

Dari dulu Kartinian ya begitu itu....

Hari Kamis kemarin, setengah hari gue habiskan disekolah anak gue. Ada perayaan hari Kartini (yang dimajukan jadwalnya karena tanggal 21 jatuh di hari Sabtu) yang penuh dengan aneka lomba ini-itu. Anak gue memaksa gue untuk datang dan melihatnya berlomba. Kebetulan ada waktu, gue menyempatkan datang.

Ternyata, bentuk acara dan aneka perlombaan Hari Kartini, masih sama aja dengan peringatan Hari Kartini jaman dulu. Entah kenapa, Hari Kartini selalu dikaitkan dengan baju nasional, kebaya dan sanggul. Yang perempuan berkebaya, begitu juga anak laki-lakinya komplit dengan pakaian daerah. Padahal apa hubungannya ya? Tapi ya sudahlah, mungkin format yang tak berubah ini sebagai pertanda mempertahankan tradisi atau pertanda mandeknya kreativitas dalam menilai apa itu Hari Kartini. Walau begitu, namanya juga anak-anak, mana mereka peduli. Yang penting happy!

Perayaan kemarin mengingatkan gue sama jaman sekolah dulu. Mulai dari TK sampai SMP, setiap 21 April, banyak sekali lomba atau pun kewajiban memakai pakaian daerah. Memang ngga' semua anak diharuskan, tapi banyak juga diantara kita yang ikut meramaikan. Gue sendiri kayaknya ngga' pernah berpartisipasi ikutan yang beginian. Hahahaha...ngga' bakat! Mungkin waktu TK sih kita semua ikut, tapi begitu SD, apalagi SMP...hahaha...boro-boro.

Waktu SD-SMP, gue inget banget setiap lomba Kartini selalu diadakan di dua tempat, kalau ngga' di Gedung Teater Lab School, atau di aula basket jaman dulu itu looo....Yang hadir, ya semuanya, dari TK sampai SMA, karena itu kan kehebatan sekolah kita. Lomba-lombanya pun serupa dengan apa yang gue lihat di sekolah anak gue kemarin. Lomba berbusana adat, berpakaian daerah, merangkai bunga atau memasak. Lucu juga, karena semua lomba tadi sama sekali tak ada hubungannya dengan emansipasi yang dijunjung Raden Ajeng Kartini....hahahaha....tapi seperti anak-anak kecil sekarang, kita pun dulu happy-happy aja....Seingat gue ngga' ada yang protes atau pun memboikot. Namanya juga anak Lab School...ada acara apapun yang penting senang...

Nih, gue pasang beberapa gambar tersisa yang memperlihatkan betapa semaraknya dulu kita merayakan Hari Kartini. Ada yang waktu SD ada yang SMP. Kalau waktu TK gue ngga' dapet gambarnya, kalo waktu SMA, kayaknya ngga' pernah bikin Kartinian deh. Kebayang kalo waktu SMA bikin Kartinian, bisa jadi Raja atau Mahyuzar juga ikut memperagakan pakaian daerah. Mahyuzar memperagakan pakaian daerah konflik....kalo Raja...pakaian daerah rawan...


Ki-ka: Pak Solihin (Guru jaman SD...dulu kita sering bikin joke...do re mi pa sol lihin!), Yunetin, Dini, Novi Bayu,
Tengah: Susi Simorangkir, Ummi, Thaya, Fukuyo
Belakang: Mpet



Ki-ka: Thaya, Nana, Amel, Dini, Ade Riana. Kartinian waktu SMP


Wawan Kapir dan Amel. Kartinian di Aula lama Lab School


Njik dan Lely Lubis. Dua orang batak tapi pake baju jawa...hahahaha


Njik (keringetan, mungkin nervous jalan sebelahan sama)Dewi Maya....

Lucu juga ngelihat kita kartinian waktu SD dan SMP ya.........tapi, namanya juga nostalgia, kenang-kenangan, jadi kalo sekarang dilihat sih asik-asik aja....

Ok temans....udah Jumat lagi sekarang. Have a wonderful weekend!

No comments: